Cara Install Driver LAN Card yang Tidak Terbaca di CentOS

Di minta buat server dari PC Desktop dengan Mobo MSI Z270-Gaming M3, LAN Card tidak ada driver-nya di Kernel, otomatis interface tidak muncul ketika ifconfig. Menggunakan CenOS 6.9 64bit. Kali ini capture foto dari HP, karena belum ada koneksinya jadi agak susah mendokumentasikannya.

Sebelum lanjut, baca-baca di ELRepro, bagaimana cara mencari solusi masalah driver hardware di RPM Base.

Check terbaca tidak di interface PCI -nya, bila terbaca cari info Hardware ID-nya…

dari capture tersebut, terbaca chip LAN Card nya buatan Qualcomm Atheros rev 10, Vendor IDs 1969 dan Device IDs e0b1. Cari vendor IDs 1969 ini kernel module -nya pakai apa? bisa check di http://elrepo.org/tiki/DeviceIDs.

ternyata dibutuhkan kernel module alx.ko, download kernel module -nya di http://elrepo.org/linux/elrepo/el6/x86_64/RPMS kemudian search “alx” dan download versi terbarunya kemudian masukkan ke dalam USB Flash Disk. Di sini versi terbarunya kmod-alx-0.0-10.el6.elrepo.x86_64.rpm.

kemudian USB Flash Disk pasang ke Linux, mount trus install rpm -nya. Setelah install rpm kemudian aktifkan kernel module alx -nya dan masukkan Vendor dan Device ID -nya ke New ID karena di atas daftar Vendor, tidak ada 1969:e0b1.

kemudian restart service networking -nya, check kembali interfaces -nya sudah muncul belum?

Sudah muncul interfaces eth0, tinggal config IP Static atau Dynamic di file /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-eth0 kemudian restart kembali service networking -nya